Tuesday, December 10, 2013

Toyota Great Corolla




http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/6a/1996-1999_Toyota_Corolla_%28AE101R%29_CSi_sedan_%282011-06-15%29_01.jpg/640px-1996-1999_Toyota_Corolla_%28AE101R%29_CSi_sedan_%282011-06-15%29_01.jpg


Toyota Great Corolla atau biasa disebut Greco merupakan salah satu mobil legendaris yang dihasilkan oleh Toyota dengan angka penjualan yang cukup fantastis, pada masanya hampir setiap 3 menit terdapat satu penjualan mobil great corolla di seluruh dunia. Bahkan hingga sekarang, harga Toyota Great Corolla tergolong cukup tinggi untuk mobil keluaran tahun 1992 hingga 1995 (bandingkan dengan harga Toyota All New Corolla 1.600cc keluaran tahun 1997 yang harganya lebih murah atau sama dengan Greco). Apa yang menyebabkan harga mobil bekas toyota Great Corolla begitu stabil di tengah maraknya mobil baru yang beredar di Indonesia ?

Great Corolla didesain sebagai penerus keberhasilaan varian Corolla yang cukup diminati oleh masyarakat. Toyota Great sendiri hadir sebagai bentuk penyempurnaan dari Toyota Corolla Twincam. Daya tarik utama mobil ini adalah kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 1.600cc, sudah menggaplikasikan twincam (double noken as) dan sudah menggunakan Sistem Injeksi (bukan lagi karburator)
Great Corolla mulai diproduksi dan masuk ke Indonesia pada tahun 1992 sampai dengan 1995 dengan 2 pilihan kapasitas mesin, yaitu 1.600 cc DOHC dan 1.300cc SOHC (masih menggunakan mesin Corolla Twincam dan karburator). Tersedia juga varian matic tetapi hanya khusus untuk Greco 1.600 cc.

Ada sedikit perbedaan antara mobil Great Corolla keluaran tahun 1992-1993 dengan mobil Greco keluaran tahun 1994-1995, adapun letak perbedaannya :

1.Stop Lamp / Lampu Rem
Pada Greco tahun 1992-1993, stop lamp dan sein berwarna merah kuning sedangkan pada Greco tahun 1994-1995 sudah berwarna merah putih
stop lamp great corolla 1992
Stop lamp Greco 1992
 
2. Spion
stop lamp great corolla 1995
Stop Lamp Greco 1995
Pada great corolla 1992 sudah dilengkapi dengan retracble mirror alias spion bisa melipat otomatis dari bangku pengemudi sedangkan pada greco tahun 1994-1995, fungsi spion kembali menjadi manual. Downgrade ?
3. Kisi-Kisi AC
Pada Greco tahun 1992 terdapat kisi-kisi ac yang terletak di bawah dashboard sedangkan pada great corolla tahun 1994 kisi-kisi ac kecil tersebut dihilangkan dengan alasan tidak terlalu fungsional.
4. Grill
Pada Great corolla tahun 1992, grill mengarah kepada desain sporti sedangkan pada great corolla 1994 grill mobil dirancang lebih elegan.
5. Master Rem
Pada great corolla 1992-1993 menggunakan master rem dengan model kaki 3 sedangkan pada Greco 1994 menggunakan master rem dengan model kaki 2.

Kelebihan Great Corolla

Great Corolla mempunyai banyak kelebihan yang membuat harganya tetap stabil hingga saat ini. Berikut ini pembahasan mengapa banyak orang yang lebih memilih Toyota Great Corolla dibandingkan dengan Toyota All New ataupun Toyota Soluna.

1. Mobil Irit dan Bertenaga

Hampir setiap mobil baru mengusung tema irit bahan bakar TAPI bagaimana dengan tenaga yang dihasilkan dan performa di jalan raya ? Tampaknya, kita tidak perlu meragukan lagi dengan performa Great Corolla yang memiliki kapasitas mesin 1.600 cc (bahkan ada yang bisa memacunya hingga top speed 200km/jam) dan perbandingan bensin sebesar 1 : 11/13. Memang Great Corolla masih kalah irit dengan toyota Soluna tetapi perlu diingat Soluna memiliki kapasitas mesin 1.500 cc

2. Desain Bodi gagah dan tidak lekang oleh waktu

Bodi mobil sedan toyota yang satu ini memang terlihat gagah dan tampak menarik hingga tahun 2013 ini sehingga tidak jarang orang yang langsung jatuh hati melihatnya. Dan yang membuatnya layak untuk dibeli adalah masih merupakan produksi Jepang bukan seperti mobil toyota Avanza ataupun Innova yang sudah merupakan pabrikasi Indonesia. Kualitas kekuatan bodi boleh dibuktikan sendiri, bodi kaleng toyota Great jauh lebih baik dan stabil.

3. Banyak pilihan modifikasi

Faktor ini merupakan faktor utama yang membuat orang lebih memilih Great Corolla dibandingkan dengan All new Corolla maupun Soluna. Ada banyak pilihan modifikasi tampilan untuk Great Corolla, bisa masuk ke model Japan (JDM) maupun model USA (USDM). Biasanya perbedaan yang bisa dimodifikasi pada bagian exterior seperti Head Lamp, Grill, Bemper maupun Stop Lamp. Bagian Interior pun tidak luput sebagai pilihan modifikasi seperti kursi dan stir. Bandingkan dengan kedua pesaingnya yang tidak memiliki banyak pilihan modifikasi untuk tampilan luar.
mobil great corolla putih
Great Corolla Versi JDM
 
toyota great corolla USDM
Great Corolla versi USDM

4. Spare part Great Corolla

Mobil tua identik dengan spare part yang sudah mulai langka, tetapi berbeda untuk mobil Great Corolla yang memang banyak pemakainya sehingga spare part toyota Great Corolla sangat mudah didapatkan dengan harga yang tidak tergolong mahal. Memang ada beberapa spare part Great Corolla yang sudah mulai susah didapatkan seperti kabel bodi maupun soket-soket dan beberapa komponen elektronik lainnya.

5. Banyaknya kolektor mobil yang menyukainya

Harga jual yang tergolong tinggi tidak lepas dari permintaan pasar yang cukup banyak akan mobil Great Corolla. Hal ini dipicu karena banyaknya pemilik mobil yang memiliki kenangan manis dengan mobil toyota yang satu ini sehingga mereka rela menghabiskan kocek yang cukup dalam untuk mendandani Greco seperti kenangan mereka dahulu kala. Selain itu banyak juga penggila mobil Greco yang mendandani mobil mereka sesuai model JDM maupun USDM agar terlihat unik.

Masalah Great Corolla

Mobil bekas tentu meninggalkan PR untuk para pemakainya, apabila kalian berminat untuk membeli Greco tentu saja ada beberapa permasalahan yang sering dikeluhkan para pemakainya. Tapi tenang saja, masalah yang ditinggalkan biasanya tidak terlalu rumit.
1. Kaki-kaki mobil
Bagian kaki-kaki mobil seperti shockbreaker, tie rod, long tie rod , ball joint, link stabil seringkali menjadi fokus pertama pembeli mobil great corolla. Tetapi banyaknya pilihan after market sehingga biaya untuk mereparasi bagian ini dapat ditekan tidak terlalu tinggi

2. Timing Belt
Untuk pembeli mobil Great Corolla, saya selalu menganjurkan untuk penggantian Timing belt dan tensioner terlebih dahulu karena spare part toyota yang satu ini memang vital dan membutuhkan record yang pasti untuk penggantiannya.

3. Power Steering
Pada beberapa kasus pembelian Great Corolla, mereka kurang teliti mengecek bagian power steering yang sudah mulai bocor atau rembes sehingga memerlukan kocek untuk melakukan penggantian spare part. Biasanya sangat dianjurkan untuk mengganti satu set rack steer daripada harus mengganti seal rack steer yang dimana tingkat resiko kegagalan lebih tinggi daripada penggantian satu set.

4. Bagian Belakang
Hampir semua mobil sedan Toyota mengalami permasalahan pada bagian belakang mobil ketika bermuatan penuh. Semua mengeluhkan, "Mobil saya gasruk ketika muatan penuh." Tetapi tenang saja, kendala ini dapat diatasi dengan melakukan penggantian shock Kayaba Exel G dan per mobil yang lebih keras sehingga masalah ini dapat terselesaikan, harga yang harus dikeluarkan sekitar 1,5 juta rupiah untuk mengatasi masalah bagian belakang mobil.

Jadi apakah layak mobil Toyota Great Corolla mencapai harga yang cukup tinggi ? Semuanya saya kembalikan kepada anda, apakah kalian memang memiliki kenangan manis dan mencari mobil Toyota yang bertenaga dengan biaya perawatan murah serta banyak pilihan modifikasi? Atau kalian lebih memilih city car yang sudah banyak beredar di Indonesia ?

Sumber : blogtoyota

21 comments:

  1. Keren, minyak nya irit , kecepatan nya mantap..

    ReplyDelete
  2. Wih mantap om revieunya sayang, ane bacanya telat begitu liat doi ane langsung jatuh hati sampe ga teliti langsung ambil.... Tambah lagi om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Om sudah mampir.. Nanti saya tambah lagi infonya..

      Delete
  3. Pokokke muantab greco..walau trkadang tarikan agak kurang

    ReplyDelete
  4. Pokokke muantab greco..walau trkadang tarikan agak kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Om sudah mampir.. salam Greco Mania

      Delete
  5. punya info yang jual stang wiper greco imitasi dimana? yg ori lumayan mahal

    ReplyDelete
  6. punya info yang jual stang wiper greco imitasi dimana? yg ori lumayan mahal

    ReplyDelete
  7. Ada yg punya info tempat penjualan kabel body greco, mhn infonya, tks

    ReplyDelete
  8. Ada yg punya info tempat penjualan kabel body greco, mhn infonya, tks

    ReplyDelete
  9. Mohon info. Dmn ya aku bisa mendapatkan headlamp great corolla 1993 satu set full termasuk lampu seen. Dan berapa ya budget yg perlu saya siapkan. Lokasi aku di ponorogo jatim

    ReplyDelete
  10. Hai sobat,sht sllu. Sy pncinta greco dan kebetulan sihijau kaki2 nya kena neh khususnya shokbreaker nya,mnrt sobat shock breaker yg bagus oli apa gas dan sekalin mreknya sobat. Mksh

    ReplyDelete
  11. Salam greco mania.
    Untuk urusan part greco coba main ke solo banyak toko sparepart menyediakan komponen greco dari slow moving sampai fast moving

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om Panggih, terimakasih infonya.. Silahkan rekan-rekan yang mau hunting parts bisa sekalian jalan-jalan ke solo. Tq sudah mampir.

      Delete
  12. Om..sya mau tanya..klo dsruh milih antara greco 1993 modif dgn greco 1995 standart..pilih yg mana ya..males jg klo liat mobil standart..tpi tkut jg sm mobil yg sdh dmodif..tkut rewel djalan..mksih om

    ReplyDelete
  13. Bagus sekali buat pencerahan yg lagi ngiler sama greco...
    Makasih om....
    Di tunggu info selanjutnya

    ReplyDelete
  14. om mau tanya, biaya perbaikan kaki depan mobil greco kira2 brp ya?

    ReplyDelete
  15. om klo greco 93 yg 1300cc bagus ga, rencana mo beli

    ReplyDelete
  16. om klo mesin antara greco94 dan twncam94 itu kapasitasnya sama atau beda dan utk bodynya apakah ada perbedaannya? tengkyu seblmnya..salam.

    ReplyDelete